Langsung ke konten utama

Gadis Teh di Kedai Kopi

Secangkir espresso terhidang di atas meja. Aromanya sampai ke hidungku dalam sekejap. Kulirik sejenak tangan kurus yang baru saja meletakkannya. Aku lalu mencuri pandang sekilas ke arah wajahnya. Belum pernah kulihat pramusaji yang satu ini. Wajah bersih yang manis. Tiba-tiba aku teringat pada tokoh utama dalam novel yang sedang kutulis.
            “Orang baru?” tanyaku tanpa menyudahi aktivitas membaca yang sejak tadi kulakukan.
            Ia tak segera menjawab meski kutunggu hingga beberapa jenak. Kulirik ke bawah, tepat ke sepatunya. Ia masih di sana, bergeming.
            Aku tidak biasa dihiraukan. Kutarik napas dalam-dalam seraya meletakkan novel di samping cangkir espresso yang masih mengepul. Kualihkan pandangan pada si gadis pramusaji. “Kau tak dengar pertanyaanku?” lemparku sekali lagi.
            Matanya menubruk mataku sendiri. Mata itu berbicara. Mata seorang pencerita. Ia kemudian menunduk dan berlalu tanpa satu kata pun terucap dari bibir tipisnya. Sementara aku tengah kesulitan mencerna semuanya.
***
            Aku tak bisa berkonsentrasi. Lembaran microsoft word di hadapanku masih putih. Hanya ada sebuah garis vertikal kecil yang hilang-muncul di sana. Gadis itu tanpa sengaja telah menelusup ke dalam otak, mencuri pikiranku. Iris matanya yang serupa warna teh tak bisa kulupakan.
            Agaknya saat ini aku terlalu bingung membawa ke mana jalan cerita novelku. Dan sekarang tokoh utamanya justru menjelma menjadi manusia betulan di hadapanku. Apakah aku sedang berhalusinasi? Aku tak bisa berpikir dengan benar. Dapat satu kalimat, hapus lagi, begitu seterusnya.
            Akhirnya aku tak menulis sama sekali malam ini. Kurebahkan punggungku ke atas kasur, diam, menerawang. Hal yang paling kuinginkan saat ini hanyalah menjumpainya. Bukan hanya karena ia serupa tokoh utama novelku tapi sepertinya aku gila, aku jatuh dalam pesona gadis yang tak menjawab pertanyaanku tadi pagi.
            Kulirik jam analog yang menempel di dinding kubus besar ini. Pukul sebelas malam. Mungkin ini saatnya tidur. Aku harus menemuinya besok. Kalau benar dia serupa tokoh utama dalam novelku, maka akan kusiapkan hadiah kecil untuknya. Untuk gadis yang tiba-tiba menjadi pemeran utama dalam ceritaku, Kaleela.
***
            “Pagi Edward!” Rafael, lelaki petugas kasir Juliet Coffee menyapaku. Orang-orang sini memang kebanyakan mengenalku. Lagi pula siapa yang tidak tahu nama besar Edward Antony, sang penulis romance kenamaan.
            “Pagi, Raf!” balasku sambil melenggang masuk.
            Spot favoritku, meja di sudut yang menghadap jendela, selalu kosong ketika aku datang. Rasanya menyenangkan untuk duduk berlama-lama sambil menikmati kopi. Sudah kubawa hadiah kecil itu bersamaku. Sebuah senyuman.
            Kali ini aku tidak langsung memesan kopi dan sarapan. Aku menunggu pada saat yang tepat. Kubunuh waktu dengan membaca novel yang sejak tadi kubawa-bawa. Di mana dia?
            Selang sepuluh-lima belas menit, sosok yang kutunggu tak jua muncul. Rasa penasaran sudah memakan kesabaranku hingga habis. Kututup halaman novel di tanganku, meletakkannya di meja, lalu bangkit berdiri menuju meja kasir.
            “Raf!” aku menepuk pundak lelaki itu. Ia menoleh.
            “Ya? Ada apa?”
            “Aku ingin bertanya sesuatu padamu,” ujarku setengah berbisik.
            Dahi Rafael berkerut. “Soal apa?”
            “Kau tahu gadis yang kemarin pagi menyajikan kopiku?”
            “Ah! Kaleela! Memangnya ada apa dengannya?”
            “Ap-apa kau baru saja mengatakan bahwa namanya… Kaleela?” aku bertanya lagi, tak percaya dengan pendengaranku sendiri.
            “Ya, dia Kaleela,” ujar Rafael sekali lagi.
            “Ke-Ke mana dia pagi ini?” Tuhan! Nama gadis itu Kaleela!
            “Oh, dia giliran masuk siang hari ini. Ada sesuatu?”
            “Ah, tidak! Aku hanya penasaran.”
            “Memangnya kalian tidak pernah bertemu? Sejak tiga hari lalu kan dia tinggal di sebelah rumahmu.”
            “Hah? Apa kau serius?”
            Rafael mengangguk. Senyum ingin tahu mengembang di wajahnya. “Kau tertarik padanya, ha?” ditanyainya aku dengan menaik-naikkan alis.
            Aku hanya tersenyum miring. Ya, Raf. Aku lebih dari sekadar tertarik.
***
            Pagi berikutnya aku sudah berada di depan rumahku dengan setelan olahraga. Kubuat serangkaian gerakan pemanasan sambil sesekali mencuri pandang pada rumah kecil di sebelah rumahku. Benarkah gadis itu tinggal di sana?
            Keringatku sudah bercucuran. Sebentar lagi sudah tak pantas waktunya berolahraga. Ketika akan menyerah dan masuk kembali ke dalam rumah, telingaku menangkap sesuatu. Aku langsung menoleh ketika mendengar bunyi engsel pintu berderit. Kaleela muncul di sana.
            Ia membawa nampan berisi cangkir dan teko keramik. Diletakkannya nampan itu di meja lingkar yang ada dua buah kursi di dekatnya. Kaleela duduk di salah satu kursi itu. Aku terus memperhatikannya tanpa berkedip. Kurasa Kaleela menyadarinya karena ia menoleh ke arahku. Tanpa sadar tanganku melambai. Kusesali tindakan itu karena aku pasti terlihat seperti orang bodoh!
            Tapi sejenak kemudian kutunggui reaksi Kaleela atas lambaian tanganku yang tidak sengaja. Ia menunjukkan cangkir sambil tersenyum, tanda mengundangku untuk minum bersama. Tanpa pikir panjang aku langsung menghampirinya.
            “Hai!” sapaku setelah sampai di halaman rumah nomor dua puluh enam itu.
            Ia membalas sapaanku hanya dengan senyuman. Yang satu ini berbeda. Kaleela dalam novelku tidak punya senyuman. Ditepuknya kursi kosong di sebelah. Ia masih tak bicara. Hanya dituangkannya cairan dalam teko itu ke sebuah cangkir baru kemudian diangsurkannya padaku.
            “Thanks!” ucapku. Kusesap rasa minuman yang ada di tanganku. Teh. Serta-merta kutatap mata gadis di sebelahku yang tadi sempat tertutup cangkir saat kami minum dalam tempo yang bersamaan. “Kau… Kaleela?”
            Ia tersenyum lagi. Mata sewarna tehnya menyipit. Ia berhasil membuatku ternganga, membeku, takjub.
“Ya, Edward Antony. Aku Kaleela, gadis yang akan bercerita padamu tentang jalan hidupnya yang tengah kau tuliskan itu.”

***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cewek Korean Gue (Sepenggal Kesan tentang Dedare Sukeraje)

  Selamat pagi para pejuang penantian! Ciyeee yang lagi menanti-nanti sang pujaan hati… Sabar ya! Kalo kata gebetan gue, “sabarmu akan berbuah manis, Dik.” Tapi yo embuh asline yo, Mas ? Pas banget, kali ini gue mau cerita nih soal seseorang yang juara banget kalo soal urusan pernantian. Menantikan kehadiran sang jodoh misalnya. Ya gimana enggak, secara dia pemegang rekor menjomblo terawet di antara kita bertiga. Cewek yang nggak pernah galauin cowok. Nggak kek gue dan Cimut yang sering banget galau. Gapapa sih, asal nggak galauin lakik orang. XD So, ladies and gentlemen , mari kita sambut kedatangan dedare Sukeraje kitaaaa… Rika!   Rika gue ini adalah anak keempat dari empat bersaudara. Terus gue nggak tahan gitu deh buat nggak nyeritain sedikit hal ajaib tentang keluarganya. Jadi nama bapaknya Rika ini—yang sangat merepresentasikan hobinya, yaitu ngejailin anaknya sendiri dan teman-temannya yang dateng ke rumah—adalah Bapak Jailani. Emaknya nggak pernah terkalah

Cewek Setrong Gue (Sepenggal Kesan Tentang Gadis Minang Kesayangan)

Kuliah di kampus yang menyandang nama negara ini, membuat gue banyak kenal sama orang-orang yang berasal dari berbagai suku. Indonesia kita ini kaya, Men ! Multikultur! Mau nyari pasangan model gimana juga ada. Lebih banyak pilihan. Tapi lebih susah juga sih nebak-nebak siapa jodoh kita sebenernya. Pe-er banget dah nebak-nebak jodoh . Pokoknya gue bangga sama Indonesia tercintah! Nah, di bagian ini gue mau menceritakan seseorang yang tiga tahun belakangan ini deket banget sama gue. Ya jelaslah bukan pacar . Dialah gadis Minang gue. Namanya Mutia. Lebih sering dipanggil Cimut. Dialah cewek setrong gue. Yang bisa menahan badai PHP dan terpaan angin harapan. Alah... Meski gue dan Cimut beda suku, tapi kita berteman layaknya Teletubies. Iya, cuma dia yang sering peluk-peluk dan mau gue peluk-peluk. Kalo Rika mah sok-sokan nggak mau gitu. Padahal sama-sama nggak ada yang peluk juga . Mungkin terlalu lama berteman sama mereka adalah salah satu penyebab kenapa gue ketularan j

Seoul-mate!

Sial! Tinta dari pulpen yang kupegang menetes mengotori kertas catatan dan tangan kananku. Aku baru saja ingin mulai menulis dan tinta pulpenku bocor. Untuk beberapa saat aku sibuk membersihkan tinta yang menetes tadi dengan selembar kertas bekas yang kurobek dari halaman terakhir buku catatanku. Sekilas aku melirik sekeliling, untunglah tak ada yang memperhatikan kekonyolanku. Deg! Tiba-tiba aku merasakan sesuatu yang mengejutkan hatiku. Pikiranku langsung terhubung pada satu kenangan. Saat ketika kau merelakan seragam olahragamu untuk mengelap cat tembok basah yang tidak sengaja kusandari. Dulu momen itu tak berarti apa-apa tapi kini sakitnya luar biasa. Dan saat aku merobek-robek buku catatan lucuku karena kau menggambar aku dengan muka cemberut ketika aku sedang marah padamu tiga tahun lalu. Kini rasanya aku ingin menyatukan kembali robek-robekan itu.             Jumat siang, pukul setengah dua belas. Para lelaki muslim berjamaah menuju masjid kampus. Mereka lewat lobi perpustak