Langsung ke konten utama

Cewek Setrong Gue (Sepenggal Kesan Tentang Gadis Minang Kesayangan)




Kuliah di kampus yang menyandang nama negara ini, membuat gue banyak kenal sama orang-orang yang berasal dari berbagai suku. Indonesia kita ini kaya, Men! Multikultur! Mau nyari pasangan model gimana juga ada. Lebih banyak pilihan. Tapi lebih susah juga sih nebak-nebak siapa jodoh kita sebenernya. Pe-er banget dah nebak-nebak jodoh. Pokoknya gue bangga sama Indonesia tercintah!

Nah, di bagian ini gue mau menceritakan seseorang yang tiga tahun belakangan ini deket banget sama gue. Ya jelaslah bukan pacar. Dialah gadis Minang gue. Namanya Mutia. Lebih sering dipanggil Cimut. Dialah cewek setrong gue. Yang bisa menahan badai PHP dan terpaan angin harapan. Alah...

Meski gue dan Cimut beda suku, tapi kita berteman layaknya Teletubies. Iya, cuma dia yang sering peluk-peluk dan mau gue peluk-peluk. Kalo Rika mah sok-sokan nggak mau gitu. Padahal sama-sama nggak ada yang peluk juga. Mungkin terlalu lama berteman sama mereka adalah salah satu penyebab kenapa gue ketularan jomblo. Eh tapi soal Cimut ini gue nggak tau sih dia sebenernya jomblo apa gimana. Kadang-kadang keliatan kek punya pacar. Kadang-kadang  keliatan ngenes.

Gue membuat tulisan ini karena emang udah lama pengen nulis tentang orang-orang tersayang gue di perantauan dan karena request dia juga sih. Masak dia cemburu (so sweet banget yaa!) karena gue cuma nulis nama Rika kemaren-kemaren. Ya emang Rika lebih bully-able sih. *ketawa setan* Hai, Cim! Pokoknya tulisan ini gue dedikasikan buat lo seorang. Because you’re so special pake telor.

Cimut ini orangnya jujur banget. Dia nggak bisa bohong gitu. Termasuk sama cowok. (Look! Istri-able banget kan?) Padahal gue udah bilang nggak apa-apa bohong dikit sama cowok. Toh mereka bohongnya banyak. Jadilah dia sering beranten sama cowok-cowoknya karena ketidakbisaan berbohong itu. Pokoknya dia terlalu jujur. Cowok mah gitu ya. Dijujurin marah, dibohongin marah. Pas ketauan bohong marah-marah sendiri.

Satu hal yang bikin gue sayang banget sama Cimut adalah kesetiaannya. Gils! Gue sebenarnya bukan teman yang baik. Gue sering membuat teman-teman gue menunggu karena sifat gue yang kelewat selaw. Terutama di pagi hari. Gue itu selalu memanfaatkan waktu tidur dengan sebaik-baiknya. Intinya gue nggak akan mandi sebelom waktunya. Sementara teman-teman gue ini selalu siap duluan dan ngampirin gue di depan kosan. Maka Cimut dan Rika akan menunggu gue seberapa lama pun itu. Cimut juga selalu nungguin gue di setiap suasana. Padahal lo tau kan menunggu itu nggak enak?

Cimut gue ini, harus jalan-jalan kalo lagi galau atau bosen sama rutinitas. Pokoknya dia nggak bisa stress. Dan dia yang paling sering homesick. Ohiya, dia itu anti-deadliner sejati. Apa maksudnya? Dia nggak bisa tenang kalo tugas belom selese dikerjain. Padahal DL masih lama. Nggak kek gue yang berbeda 180 derajat.

Cimut adalah cewek yang selalu bikin gue bingung saat dia ketawa atau nangis. Karena hampir nggak bisa dibedain. Tapi gue pastikan bahwa gue nggak akan bikin dia nangis. Gue akan selalu membuat dia ketawa. Nggak kek elo-elo yang suka bikin cewek menangis dalam tawa.

Kebiasaan-kebiasaan Cimut. Hmmm… Banyak banget hal-hal ajaib yang gue tau dari Cimut. Dia itu sering merhatiin orang. Merhatiin dalam artian melototin orang lama banget sampe kek mau ngajak berantem. Dan dia nggak sadar kalo udah melakukan hal itu. Terus dia itu suka ngitungin anak tangga gitu. Satu lagi yang ajaib dari Cimut. Dia itu kalo ngeliat cowok Teknik/FIB yang make jins belel, kecokelat-cokelatan, keitem-iteman, ato keijo-ijoan, bawaannya pengen nyuciin itu jins. Begitupun kalo ngeliat cowok gondrong, lepek, awut-awutan, bawaannya pasti mau ngeramasin.

Salah satu hobi Cimut adalah nyuci. Dia nggak bisa belajar kalo cucian belom beres. Pokoknya kalo mau UTS ato UAS, hal pertama yang dia lakukan adalah mencuci. Dan dia juga suka banget kerapian. Kamar Cimut adalah kamar paling rapi sedunia. (Sorry to say, Rik!) XD

Sama kek gue yang sampe sekarang belom bisa menerima roti isi daging. Apalagi makan roti pake caos. Kampungan. Cimut nggak bisa makan makanan yang “aneh”. Bisa makan makanan yang ada mayonesnya adalah suatu achievement buat dia. Dia partner gue pokoknya kalo soal makanan. Kalo dia bilang itu bisa dimakan, berarti gue juga bisa makan. Thanks God karena gue dipertemukan sama Cimut. Berkat dia gue bisa ngerasain the real rendang yang bau tangan emaknya.

Bedanya gue sama Cimut kalo soal makanan itu, dia nggak bisa makan tanpa sambel. Sementara gue nggak bisa makan tanpa kecap. Dia masih belom bisa nerima cara masak gue yang pake gula di setiap masakan. Dia juga belom bisa nerima bahwa telor dadar dicampur kecap adalah telor terenak sedunia.
Cimut suka warna ijo. Pokoknya apa aja yang ijo. Apalagi sambel ijo. Dia juga suka sama kodok kero-keroppi. Nggak ngerti lagi deh gue. Semoga teman gue ini suatu hari bertemu dengan pangeran kodoknya. Alah…

Gue dan Cimut sangat berbeda dalam hal tipe cowok idaman. Jadi kita nggak berpotensi buat saling nikung. Nggak tau deh kalo Rika. XD Cimut itu suka cowok-cowok pelaut gitu. Dia malah berencana mau ngambil skripsi tentang ABK. Total bet dah pokoknya. Sepenuh hati.

Masih ada banyak hal yang mau gue tulis tentang Cimut. Tapi sayangnya gue harus praktikum. Nanti-nanti gue bakal revisi lagi tulisan ini. Pasti makin banyak hal-hal ajaib yang gue temukan dari diri seorang gadis Minang kesayangan gue ini. Doain kita lulus bareng ya, Guys!

Jakarta, 30 September 2015
Adek yang lelah praktikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cewek Korean Gue (Sepenggal Kesan tentang Dedare Sukeraje)

  Selamat pagi para pejuang penantian! Ciyeee yang lagi menanti-nanti sang pujaan hati… Sabar ya! Kalo kata gebetan gue, “sabarmu akan berbuah manis, Dik.” Tapi yo embuh asline yo, Mas ? Pas banget, kali ini gue mau cerita nih soal seseorang yang juara banget kalo soal urusan pernantian. Menantikan kehadiran sang jodoh misalnya. Ya gimana enggak, secara dia pemegang rekor menjomblo terawet di antara kita bertiga. Cewek yang nggak pernah galauin cowok. Nggak kek gue dan Cimut yang sering banget galau. Gapapa sih, asal nggak galauin lakik orang. XD So, ladies and gentlemen , mari kita sambut kedatangan dedare Sukeraje kitaaaa… Rika!   Rika gue ini adalah anak keempat dari empat bersaudara. Terus gue nggak tahan gitu deh buat nggak nyeritain sedikit hal ajaib tentang keluarganya. Jadi nama bapaknya Rika ini—yang sangat merepresentasikan hobinya, yaitu ngejailin anaknya sendiri dan teman-temannya yang dateng ke rumah—adalah Bapak Jailani. Emaknya nggak pernah terkalah

Seoul-mate!

Sial! Tinta dari pulpen yang kupegang menetes mengotori kertas catatan dan tangan kananku. Aku baru saja ingin mulai menulis dan tinta pulpenku bocor. Untuk beberapa saat aku sibuk membersihkan tinta yang menetes tadi dengan selembar kertas bekas yang kurobek dari halaman terakhir buku catatanku. Sekilas aku melirik sekeliling, untunglah tak ada yang memperhatikan kekonyolanku. Deg! Tiba-tiba aku merasakan sesuatu yang mengejutkan hatiku. Pikiranku langsung terhubung pada satu kenangan. Saat ketika kau merelakan seragam olahragamu untuk mengelap cat tembok basah yang tidak sengaja kusandari. Dulu momen itu tak berarti apa-apa tapi kini sakitnya luar biasa. Dan saat aku merobek-robek buku catatan lucuku karena kau menggambar aku dengan muka cemberut ketika aku sedang marah padamu tiga tahun lalu. Kini rasanya aku ingin menyatukan kembali robek-robekan itu.             Jumat siang, pukul setengah dua belas. Para lelaki muslim berjamaah menuju masjid kampus. Mereka lewat lobi perpustak